REVIEW #2 : A Study of E-commerce Adoption by Tourism Websites in China

REVIEW 2

Sekarang kita berlanjut ke review Jurnal ke 2 !!


Pada kesempatan ini, saya akan mengulas jurnal ke 2 yang bertemakan E-commerce, yang merupakan salah satu bisnis yang sedang berkembang pesat, salah satunya di Indonesia. Jurnal ini berjudul "A Study of E-commerce Adoption by Tourism Websites in China", yang ditulis oleh Kaijun Cao dan Zaoping Yang pada tahun 2016. Penelitian ini merupakan salah satu jurnal yang berasal dari Journal of Destination Marketing & Management 5. 


Jurnal kali ini membahas tentang E-commerce, yang didefinisikan sebagai pembelian dan penjualan barang dan jasa atau melakukan transaksi keuangan melalui Internet.Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keadaan atau situasi e-commerce di antara berbagai jenis website pariwisata di China. Penelitian ini mengevaluasi 258 website pariwisata China (CTWs) dengan menggunakan teknik analisis konten yang menilai kinerja website dalam pemakaian e-commerce. Analisis ini menunjukkan perbedaan kinerja yang signifikan antara jenis website (CTW) berikut antara lain Situs Objek Wisata (AWS), Situs Resmi Pariwisata (OTWs), dan Agen Perjalanan Online (OTAs). Ditemukan bahwa agen perjalanan online (OTA) memiliki kinerja lebih baik daripada jenis webiste pariwisata lainnya. Hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa CTW tidak menggunakan Internet secara maksimal, karena sebagian besar website pariwisata fokus untuk memberikan layanan informasi dasar, terutama website pariwisata resmi (OTW). Dari penelitian ini juga dihasilkan bahwa ternya ta situs pariwisata China tidak efektif dalam memanfaatkan internet secara maksimal, CTWs diharapkan tidak hanya dapat memberikan informasi dasar namun mereka juga harus mengadopsi fitur e-commerce lebih lanjut. Rekomendasi dibuat berdasarkan bagaimana meningkatkan kinerja CTWs dan rekomendasi penelitian di masa depan juga dibahas dalam penelitian ini. 

Sekian review dari saya mengenai salah satu jurnal e-commerce ini, semoga dapat menambah wawasan anda :)

Untuk mempelajari lebih lanjut jurnal ini, silahkan klik link berikut :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW #3 : The development and diffusion of customer relationship management (CRM) intelligence in business-to-business environments

REVIEW #1: The Impact of Enterprise Resources System and Supply Chain Practices on Competitive Advantage and Firm Performance: Case of Indonesian Companies