REVIEW #4 : The Benefits of Implementing ERP System in Telecommunications


REVIEW 4






Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas sebuah jurnal mengenai ERP System (Enterprise Resource Planning). Apa sih ERP itu? dan Apa keuntungan pengimplementasian ERP ini dalam sebuah perusahaan? Hal ini akan terjawab dalam jurnal ini. Jurnal ini berjudul "The Benefits of Implementing ERP System in Telecommunications" yang ditulis oleh Razilan Abdul Kadir, Noor Aini Ismail, dan Saiful Farik Mat Yatim dalam rangka 2nd Global Conference on Business and Social Science pada tahun 2015.


Yuk langsung aja membaca review sekilas mengenai jurnal ini. Penelitian ini dilakukan untuk menginvestigasi keefektifan dari sistem ERP pada salah satu industri telekomunikasi di Malaysia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan penemuan dari penelitian yang masih berjalan dimana hubungan dari pengukuran Sistem Infromasi seperti kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan, kepuasan pelanggan, dan keuntungan bersih diinvestigasi menggunakan model persamaan struktural (SEM) melalui software AMOS.



Jurnal ini membahas mengenai investasi tinggi pada sistem Enterprise Resources Planning (ERP), dengan harapan akan mendapat keuntungan setelah mengimplementasikan sistem tersebut, tidak terkecuali perusahaan telekomunikasi. Sistem ERP sendiri diketahui sebagai software yang mengintegrasikan seluruh teknik dan aplikasi operasional, informasi dari seluruh departemen menjadi suatu database kesatuan yang utuh dan dipertimbangkan sebagai solusi bisnis untuk mayoritas organisasi (Khaleel & Sulaiman, 2013; Movahedi & Koupaci, 2011; Noor’ Aini et al., 2014; Zulkifli, Hashim, & Ahmad, 2012).

Hubungan antara kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan, kepuasan user, dan keuntungan bersih dari ERP akan dibahas secara lebih jelas dalam jurnal ini. Penelitian ini menunjukkan kualitas layanan memiliki hubungan baik yang mengarah kepada keuntungan bersih, dan kepuasan pelanggan berada ditengah antara kualitas pelayanan dan keuntungan bersih.

Sekian ulasan mengenai jurnal ini, semoga bermanfaat !
Untuk mempelajari lebih lanjut, anda dapat membaca jurnal berikut:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW #3 : The development and diffusion of customer relationship management (CRM) intelligence in business-to-business environments

REVIEW #2 : A Study of E-commerce Adoption by Tourism Websites in China

REVIEW #1: The Impact of Enterprise Resources System and Supply Chain Practices on Competitive Advantage and Firm Performance: Case of Indonesian Companies